April 29, 2024

Meningkatkan motivasi dan keterampilan peserta didik pada mata pelajaran seni budaya menggunakan aplikasi musik berbasis andriod untuk praktik ansambel siswa SMP Negeri 1 Mlarak

 

BAB I PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG

Mata pelajaran seni budaya sangat membutuhkan peralatan yang menunjang praktik pembelajaran karena pembelajaran tidak hanya berupa teori tetapi juga praktek. Pada sekolah SMP Negeri 1 Mlarak yang sudah menerapkan kurikulum merdeka saat ini peserta didik diberi kebebasan untuk memilih, menentukan dalam hal berkarya dan berpikir secara kritis, berkreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Pada kurikulum merdeka yang menjadi pusat pembelajarannya adalah siswa, guru berperan memfasilitasi / sebagai fasilitator terhadap peserta didik dalam memberikan materi dan tugas-tugas yang akan dikerjakan untuk memenuhi capaian pembelajaran yang harus di selesaikan pada pembelajaran tersebut.

 

Dalam pembelajaran musik ansambel diperlukan pengetahuan dan keterampilan untuk memainkan dan mempraktikan iringan dengan alat musik. Untuk itu peserta didik harus bisa menguasai berbagai macam alat musik yang digunakan dalam musik ansambel tersebut.

 

 

  1. RUMUSAN MASALAH
    1. Banyak peserta      didik      yang     belum      menguasai       alat     musik      dalam pembelajaran
    2. Metode pembelajaran guru yang kurang
    3. Motivasi peserta didik untuk berlatih alat musik masih

 

 

 

  1. TUJUAN PENELITIAN
    1. Memberikan pengetahuan        dan      keterampilan        peserta      didik      dalam menguasai alat musik
    2. Menerapkan metode pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi musik berbasis android Real Guitar, Real Pianoo, Real Drum
    3. Membuat peserta didik lebih bersemangat dalam praktik ansambel

 

BAB II PEMBAHASAN

Pada pembelajaran seni budaya materi praktik ansambel peserta didik dibagi kelompok-kelompok kerja untuk mengidentifikasi iringan sebuah lagu. Peserta didik memilih materi lagu sesuai kesepakatan kelompoknya, kemudian memilih instrumen yang akan digunakan dan membuat konsep/aransemen sesuai kesepakatan kelompoknya. Didalam prosesnya memberikan motivasi untuk dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Dalam pembelajaran praktik ansambel kelompok peserta didik yang kurang terampil dalam alat musik khususnya memainkan instrumen gitar, keyboard, dan alat musik perkusi dapat menggunakan bantuan aplikasi musik berbasis Android yaitu aplikasi Real Guitar untuk alat musik gitar, Real Piano untuk alat musik Piano, dan Real Drum untuk alat musik Drum atau perkusi. Dengan penggunaan perangkat ini peserta didik yang semula kurang percaya diri dalam memainkan alat musik gitar, keyboard dan drum menjadi lebih mudah untuk bermain, menciptakan aransemen dan berkreasi sesuai dengan kreatifitas masing- masing. Dengan demikian proses penilaian bisa dicapai dengan metode diferensiasi sesuai dengan kriteria penampilan peserta didik yang menggunakan alat musik gitar asli dan yang menggunakan aplikasi Android pada pembelajaran musik ansambel.

 

 

 

 

BAB III PENUTUP

Dengan adanya teknologi aplikasi musik berbasis Android memudahkan guru dan siswa dalam praktik pembelajaran seni budaya khususnya pada praktik kelompok ansambel. Peserta didik dapat dengan mudah mengeksplorasi bunyi-bunyi yang ada pada aplikasi tersebut untuk keperluan penampilan musiknya, sementara keterbatasan alat musik yang ada di sekolah dapat teratasi dengan adanya aplikasi musik berbasis Android sehingga peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 1 Mlarak dengan lancar.

 

Disusun oleh : Bagas Pambudi, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *