April 25, 2024

PENANAMAN POHON DAN TOGA

Toga singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Toga merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat herbal (alami). Tanaman obat keluarga pada hakekatnya, merupakan pemanfaatan sebidang tanah, baik di halaman sekolah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan akan obat-obatan herbal.

SMP Negeri 1, sejak pelatihan pengenalan dan perencanaan sekolah adiwiyata di 2014 silam, kini warga sekolah mempersiapkan diri untuk menghadapi gelaran sekolah adiwiyata tersebut. Termasuk penyiapan lahan toga, penyiangan, pemupukan hingga perawatan rutin ketika toga mulai tumbuh subur di lingkungan sekolah. Setiap Jumat, dalam program kegiatan Jumat Bersih dilakukan. Tampak para siswa dan siswi antusias serta bersemangat menggarap bidang-bidang lahan. Ada yang menyelesaikan proses pemupukan dengan kompos serta melakukan penyiraman.

Tanaman obat dapat dijadikan sarana pembelajaran bagi siswa, khususnya manfaat obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, juga sebagai sarana pengetahuan dan kunjungan dari sekolah lain. Para peserta didik merasa senang dapat merasakan pengalaman langsung berkebun serta memanfaatkan Toga yang ada sebagai obat alternatif minim bahan kimiawi.

Selain siswa diperkenalkan dengan  berbagai macam tumbuhan obat, siswa juga diajarkan mencintai lingkungan dengan melakukan gerakan penanaman pohon yang pada masa akan mendatang diharapkan mambu memberikan sumbangsih terhadap lingkungan dengan mencegah erosi, pencemaran udara, dan pemanasan global. Adapun tumbuhan jenis pohon yang ditanam siswa antara lain pohon sukun, mahoni, cemara udang, bunga kamboja, dan masih banyak jenis lainnya. Melalui gerakan penanaman pohon diharapkan siswa dapat memberikan wawasan terhadap lingkungan mereka masing-masing agar masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya peran tumbuhan dalam kehidupan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *